Kamis, 07 Agustus 2014

Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan

Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan

Berikut ini merupakan salah satu informasi mengenai Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan yang kami kutif dari berbagai sumber. Mudah- mudahan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan
Apa Itu Radikal Bebas?
Radikal Bebas atau biasa juga disebet Oksidan adalah molekul-molekul yang sangat reaktif di dalam tubuh dan bisa merusak bio molekul penting di dalam sel-sel termasuk DNA. Hal ini merupakan penyebab utama penyakit fatal seperti halnya penyakit jantung, kanker sampai penuaan dini.

Radikal bebas yang sifatnya reaktif dapat menimbulkan perubahan kimiawi dan merusak berbagai komponen sel hidup seperti protein, lipid, karbohidrat, dan asam nukleat. Parahnya, apabila radikal bebas sudah terbentuk dalam tubuh maka akan terjadinya reaksi berantai dan menghasilkan radikal bebas yang baru akhirnya jumlah dari oksidan ini tidak terbatas.

Bagaimana Radikal bebas Bisa Muncul?
Terdapat dua pembagian untuk seumber dari radikal bebas yaitu endogen dan eksogen. Sumber endogen terdiri dari Autoksidasi dimana merupakan produk dari proses metabolisme aerobik.Oksidasi enzimatik dimana beberapa jenis enzim bis amenghasilkan radikal bebas dalam jumlah yang cukup banyak seperti xanthine oxidase, prostaglandin synthase, lipoxygenase, aldehyde oxidase dan amino acid oxodase.

Adapaun sumber yang berasal dari eksogen diantaranya adalah obat-obatan. Beberapa macam bat bisa meningkatkan produksi radikal bebas dalam bentuk peningkatan tekanan oksigen. Radiasi juga bisa menjadi salah satu sumber eksogen dari radikal bebas karena radioterapi memungkinkan terjadinya kerusakan jaringan yang disebabkan radikal bebas. 

Selanjutnya sumber eksogen lain adalah Asap rokok, oksidan dalam rook memiliki jumlah yang cukup untuk memainkan peranan besar terjadinya kerusakan dalam saluran napas. Sudah diketahui bahwa oksidan atau radikal bebas asap tembakau menghabiskan antioksidan intraseluler dalam sel paru.

Bagaimana dengan Antioksidan ?
Setelah radikal bebas, perlu juga anda tahu apa itu lawannya. Antioksidan merupakan zat anti radikal bebas dimana substansi yang bisa menetralisir atau menghancurkan radikal bebas. (Menurut Winarsih 2007 ) antioksidan adalah senyawa yang bisa mengakal atau meredam efek negatif oksidan/radikal  bebas dalam tubuh, bekerja dengan cara mendonorkan satu elektronnya kepada senyawa yang bersifat oksidan sehingga aktifitas senyawa oksidan dapat terhambat.

Antioksidan adalah senyawa yang memberikan elektronnya cuma-cuma kepada molekul radikal bebas tanpa tergangu sama sekali fungsinya dan bisa memutus reaksi berantai dari radikal bebas. Selama bertahun-tahun para ahli kimia telah mengetahui bahwa tindakan oksidasi dari radikal bebas dapat dikendalikan bahkan dicegah dengan berbagai bahan antioksidan. 

Apakah Makanan yang mengandung Radikal Bebas ( Si Penjahat )
Jenis makanan tertentu seperti fast food dan makanan kemasan atau kaleng ditengarai berpotensi meninggalkan racun didalam tubuh, sebab jenis makanan ini berlimpah lemah dan mengandung pengawet. Para ahli pangan dan gizi menyebutkan makanan yang berlemak bisa menjadi sumber radikal bebas dalam tubuh yaitu suatu molekul atua atom apa saja yang sangat tidak stabil karena memiliki satu atau lebih elektron yang tidak berpasangan. Jika terus radikal bebas semakin banyak , maka akan menyerang sel-sel tubuh kita sehingga terjadilah kerusakan jaringan yang mempercepat proses penuaan.

Apakah Jenis Makanan yang Mengandung Antioksidan ( Si Pahlawan )?
Banyak sekali makanan sehat yang mengandung antioksidan seperti makanan yang mengandng vitamin A, C, E, elatonin, betakaroten seperti sayuran, kacang-kacangan, jagung, kedelai dan buah. Vitamin E dan C dikenal sebagai antioksdan yang potensial dan banyak sekali dikonsumsi. Penelitian yang terbaru hasil studi epidemologi menunjukan asupan sehari vitamin E lebih dari IU akan meningkatkan resiko kematian dan harus dihindari karena dosis konsumsi vitamin E bagi orang dewasa normal cukup dengan 8-10 IU per hari.

Bukan hanya terdapat pada jenis makanan san minuman saja, antioksidan juga terdapat dalam jenia tumubhan seperti felonik yang ada dalam sayuran, buah-buahan, rempah-rempah dan sebagainya. Felonik kurkumin dari kunyit dan polifenol dari teh bersifat protektif terhadap kanker lambung dan usus.

Minuman Khusus Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan

Selain senyawa-senyawa diatas yang ampuh atasi radikal bebas, terdapat satu senyawa yang luar biasa dalam kulit manggis yaitu XANTHONE. Senyawa ini berperan sebagai Antioksidan tertinggi yang dimiliki oleh buah, bahkan lebih tinggi dari vitamin C dan E. Luar biasa bisa menangkal radikal bebas yang menyebabkan berbagai penyakit seperti kanker ataupun jantung. Untuk informasi selanjutnya silahkan klik > Obat Herbal Penangkal Radikal Bebas

Nah, mudah sekali Hajar Radikal Bebas dengan Antioksdan. Seperti yang kita ketahui ada penjahat pasti ada pahlawan. Mungkin dalam kondisi ini radikal bebas berperan sebagai penjahat yang bisa merusak tubuh kapan saja, dan Antioksidan adalah pahlawan yang akan menyelamatkan tubuh kapan saja, asalkan pola hidup kita tetap sehat dan baik. Semoga informasi Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan dapat bermanfaat untuk anda dan keluarga. Amin..

Terkait

Description: Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan Rating: 4.5 Reviewer: Info Obat ItemReviewed: Hajar Radikal Bebas dengan Antioksidan
Al
Mbah Qopet Updated at: 18.17

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Membaca dan Tanyakan Jika Ada yang Mereasa Perlu Ditanyakan....
Budayakan Berkomentar Setelah Membaca ya...^_^
Semoga Apotek Herbals Bermanfaat Untuk Anda